Parahnya Masjid Agung Banten Serang

masjid agung banten serang

Masjid agung banten serang | Alhamdulilah kemarin tanggal 12 januari 2014, beserta keluarga kami ke berkesempatan berziarah ke masjid agung Banten. Karena memang juga rumah di Rangkasbitung Banten. Keluarga biasanya agak mengkhususkan berziarah ke makam Sulthon Maulana Hasanudin ini. Apalagi kalau sedang ada hajat. niat atau lain-lain. Ibu yang biasanya sangat antusias kalau soal ziarah. Nah saya mah sebagai anak ya ikut aja. Lagian juga bisa jalan-jalan.

Tulisan ini bukan soal masjid agung banten serang dari sisi sejarah, asal usul, kerajaan atau lainnya. Namun justru saya mau nulis soal masjid ini karena sudah enggak terurus. Sepertinya masjid ini banyak pengunjung namun sayang panitia masjid tidak peduli dengan kebersihannya, kenyamanan pengunjung, ketertibannya.

Ada beberapa poin yang menurut saya penting di perbaiki kalau masjid tercinta dan penuh nilai sejarah ini mau lebih baik. Pertama yaitu penataan tukang dagang atau PKL. Pas kita masuk kawasan masjid agung Banten Serang. Pengunjung sudah di hadapkan dengan pedagang yang sibuk menawarkan barang dagangannya. Bahkan baru keluar dari mobil saja, udah ada yang dagang. Sepertinya mereka tidak di beri sangki kalau ada pengunjung yang enggak merasa nyaman.

Masjid Agung Banten Serang

Kedua yaitu pengemis, ini bukan sepenuhnya soal kemiskinan. Kita tahu akhir-akhir ini ramai di beritakan di TV kalau pengemis pinggir jalan bisa meraup untung jutaan per hari nya. Nah di masjid agung Banten Serang juga banyak banget pengemisnya. Mulai pintu gerbang masuk udah di sambut dengan mangkuk pengemis. Parahnya ini enggak pernah ada perbaikan, mereka di biarkan saja. Dari SMA saya kesini para pengemis sudah ada. Dan kemarin terakhir ke masjid Banten juga masih saja ada.  Padahal sekarang saya udah lulus kuliah dan udah kerja. Parah banget!

Masjid Agung Banten Serang OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Masjid Agung Banten Serang OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berikutnya adalah masalah pelataran masjid yang tertutup oleh para pedagang asongan, pedagang dengan gerobak, peminta-minta yang langsung nodong. Benar-benar tidak masuk akal, bagaimana bisa sebuah peninggalan kerajaan besar bisa di abaikan begitu saja. Padahal masjid agung banten serang punya magnet yang sangat kuat untuk menarik masa baik untuk jamaah atau wisata sejarah. Sayang seribu sayang penguasa sibuk ngurus diri sendiri dan keluarganya saja.

pelataran masjid agung banten OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Di bawah ini adalah gambar banyaknya peziarah yang datang ke makan Maulana Hasanudin. Terlebih di hari-hari besar, kebetulan poto ini di ambil pas peringatan maulid nabi besar Muhammad saw.

Masjid Agung Banten Serang OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebenarnya Banten itu punya segalanya. Mulai dari pegunungan, pantai yang indah di Pnedeglang dan Lebak, kawasan industri di Tangerang, peninggalan kerajaan Banten sebagai sejarah yang sangat di hargai oleh masyarakat yang terletak di Serang. Terus di Cilegon juga ada pabrik baja terbesar di Indonesia. Bandara Internasional yang terbesar di negara ini juga adanya di Banten yaitu bandara soekarno – hatta.

Lalu kenapa masyarakat Banten hidup dalam kemiskinan? Jawabannya hanya satu, karena Banten belum di kelola oleh orang yang amanah yang bisa memberikan keadilan bagi seluruh warganya. Akibatnya kekayaan banten yang luar biasa hanya di nikmati segelintir kalangan saja. Anda masih ingat kasu Chairi Wardana sebagai adik kandung Atut yang gubenrnur banten yang memiliki sebelas mobil mewah sekelas mercy, BMW, porsche, ferarri dan lain-lain. Sangat gila bukan, masyarakatnya hidup dalam kemelaratan sedangkan pemimpinnya hidup bergelimang harta. Apa ini hukuman Alloh karena selama ini kita mengesampingkan-Nya. Mungkin juga karena kita sering melupakan Alloh jadinya Dia memberi kita pemimpin yang sama sekali tidak amanah. Astagfirulloh…

Baca juga tulisan iseng lainnya pagi-pagi tambal ban motor yang bocor

About jajakakulon

Maunya menjadi manusia yang menebar manfaat. :)
Aside | This entry was posted in Ceritaku and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s